Lokasi Pengoenjoeng Blog

Minggu, 03 Mei 2009

WALJINAH…, Putri Sala


Salah seorang penyanyi keroncong yang sangat populer di Tanah Air dari dulu hingga sekarang adalah Waljinah. Kita bisa menyimak lagu -lagu hit nya : “ Jamune”, “Enthit”, “Yen Ing Tawang Ana Lintang”, “Stambul Dua Baju Biru”. Kalau dihitung, hingga saat ini Waljinah telah menyanyikan atau telah rekaman lebih dari 1600 judul lagu. Wow…

Awal Karier:
Waljinah yang lahir pada tahun 1943 itu sejak kelas 6 SD sudah mulai mengembangkan bakat menyanyi Keroncong. Beberapa ajang lomba diikutinya, diantaranya:

Tahun 1958 mengikuti Kontes Ratu Kembang Kacang yang diselenggarakan oleh RRI dan Perfini. Dalam kontes tersebut dia meraih gelar Ratu Kembang Kacang dan dari kemenangannya itu dia mulai memasuki dapur rekaman.

Tahun 1959 mengikuti Pemilihan Bintang Radio tingkat Eks Karesidenan Surakarta.

Tahun 1965 menjadi juara 1 lomba Bintang Radio Tingkat Nasional untuk Kategori Keroncong dan menerima piala langsung dari Presiden Sukarno.

Pada Tahun 1968, Waljinah kembali memasuki dapur rekaman dengan menyanyikan lagu “Walang Kekek’’ yang meledak…

Album Seleksi EMAS Keroncong WALDJINAH antara lain: Bowo Dandang Gulo, Mawar Biru, Ngimpi, Mas Joko, Langgam Blitar, Keno Godo, Pohon Beringin, Langgam Brambang Bawang, Beboyo Margo, Gemes, Kecik-kecik, Ande-Ande Lumut, Resepsi, Tresnaku-Tresnamu, Nyungging Ati.

Terakhir, berkolaborasi dengan penyanyi Pop Indonesia Alm. Chrisye, Waljinah menyanyikan lagu berjudul “Semusim”.

Gitu deh…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar