Lokasi Pengoenjoeng Blog

Senin, 02 Februari 2009

“GALERI ANTIK SERBA JADUL”, apa saja isinya?

Lurs, saya telah merancang semacam “DAFTAR ISI” untuk blog “GALERI ANTIK SERBA JADUL” ini. Dari situ kita bisa melihat betapa sungguh banyak hal yang dapat diketengahkan, diungkapkan dan diceritakan. Kombinasi antara pengetahuan umum akan segala sesuatunya di masa lalu dan sejuta kenangan pribadi tentang masa silam bakal mewarnai isi blog ini.

Informasi tentang kampung halaman, Yogyakarta, tentang bangunan2 bersejarahnya maupun adat budayanya akan tampil di edisi awal, semisal soal: kantor posnya, gereja tuanya, pasar tradisionalnya, stasiun sepurnya, moda angkutan umumnya, pelosok kampungnya, perdagangannya, bahasa gaulnya, jajan pasarnya, kerajinan tangannya, hiburan rakyatnya, kesenian tradisionalnya, piranti dapur, piranti bertaninya, upacara adatnya, cangkriman2nya, aksara jawanya, mistiknya, unggah ungguhnya, cerita rakyatnya, dolanan bocahnya, jamunya, arsitektur tradisionalnya dsb, dst, dll.

Dari topik2 seperti di atas, kita masih bisa menjabarkannya lagi dengan seluas luasnya. Misalnya tentang alat angkut, di sana ada sepeda, becak, dokar, gerobag, kereta api, dsb. Tentang alat dapur, ada dandang, soblok, gentong, alu dll. Alat tani, ada garu, ani2, arit. Di alat hiburan terdapat gamelan, wayang, radio . Piranti pembuat jamu, ada pipisan dsb. Perabot rumah, ada meja, kursi, lemari dll. Piranti dagang, ada timbangan, pikulan, uang. Di bangunan, terdapat pintu, jendela, grendel. Piranti penerangan ada teplok, petromax, oncor, lampu gantung, lampu duduk, lampu rambu2, dst. Dolanan bocah ada dakon. Piranti tulis ada sabak, pulpen. Piranti senang2 ada tempat sirih, pipa cangklong, klobot, mbako tingwe. Barang2 kerajinan ada keris, sulaman, anyaman, gerabah, barang2 kuningan, perhiasan perak, topeng, patung, dll. Piranti penunjuk waktu, ada jam tangan, jam dinding dst. Di bagian busana ada batik, lurik, selop serta aneka perhiasan jaman dulu.

Ini semua tentu akan berguna, untuk nanti ketika kita ingin mengoleksi aneka benda2 jaman dulu (jadul). Paling tidak kita menjadi benar2 tahu alasannya mengapa “sesuatu” itu perlu kita koleksi. Dengan tahu riwayat “kejadiannya”, maka koleksi2 kita itu akan lebih “berbicara”, dan tentu saja menjadi semakin dapat “menyenangkan hati". Bayangkan, bersenang hati sembari melestari...

Setelah edisi kampung halaman ini nanti selesai, kita bisa melangkah ke wilayah yang lebih luas, ke seluruh nusantara dan kemudian jagat raya. Begitulah kira2 cara blog GALERI ANTIK SERBA JADUL ini akan dikelola. Piye Jal?


Selamat menikmati...
Salam, Dimas Anto.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar