Lokasi Pengoenjoeng Blog

Selasa, 07 April 2009

KOLEKSI JADUL..., SAXOPHONE JADUL


Segera sesudah masa berlaku hak patent Adolphe Sax untuk saxophone buah karyanya habis pada tahun 1866, industri pembuat alat musik lain memproduksi saxophone juga. Modifikasi yang pertama kali mereka lakukan pada disain saxophone adalah menambahkan satu lubang nada untuk nada rendah Bb. Tambahan lubang nada rendah itu ditempatkan di bagian “bell”, sehingga bell saxophone kini menjadi lebih panjang. Disain baru dengan bell atau corong yang lebih panjang ini kemudian diadopsi oleh semua saxophone moderen.

Jadi kalau kita tilik potret saxophone antik jenis alto merek Couesnon ini dari model corongnya, boleh dikata saxophone Couesnon ini merupakan produk buatan akhir abad 18, karena corongnya masih pendek, nada paling rendahnya masih B, belum sampai nada Bb.

Selain moncong atau corongnya yang pendek, ciri lain yang dapat menunjukkan bahwa saxophone itu produk jadul, produk jaman dulu, adalah Spatula Key atau tombol untuk nada C dan D# rendah, yang modelnya masih polos alias belum menggunakan “roller”. Begitu juga model Table Key nya, masih polos. Tombol oktaf nya juga masih meggunakan sistim dua tombol, belum otomatis pakai satu tombol seperti disain saxophone sekarang.

Gitu deh...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar