Lokasi Pengoenjoeng Blog

Minggu, 05 April 2009

Tamu Kita..., pak Jacky Mardono

Pengantar:
Telah hadir di galeri serba jadul ini, tamu istimewa kita yang sarat dengan pengalaman istimewa pula. Beliau adalah pak Jacky Mardono, ex SMA de Britto tahun ’53, ex Police, ex ini dan ex itu. Wis tho pokoknya pasti seabreg deh pengalaman beliau yang unik dan spesial yang siap disampaikan kepada kita. Yuk, kita simak cerita perdananya.


Riau, 1962.
Sebagai perwira intel Polda Riau, saya dapat tugas untuk mengatasi pemogokan buruh Caltex, di Duri Riau. Karena mereka sudah melakukan pengrusakan, saya mendapat back up 1 pleton Brimob. Berangkat dari Pekanbaru sudah jam 19.00.

Setelah melalui detik2 yang menegangkan, situasi dapat dikendalikan. Karena hari sudah larut malam, saya putuskan untuk bermalam saja di Duri. Kami tidur dalam barak yang kebetulan kosong.

Saya baru saja mau membuka tali sepatu, ketika komandan pleton mendekati saya.
"Siap komandan, ijin melapor."
Saya sempat tersirap, saya pikir ada sesuatu yang genting.
"Ya, ada apa?"
"Siap komandan, anggota mau buang air besar, tetapi tidak tahu di mana tempatnya."
"Lho itu yang berjejer di muka pancuran kan WC semua ...."

Sayapun berdiri dan komandan pleton mengikuti saya. Sampai di muka deretan shower, kepada Danton saya jelaskan.
"Ini namanya kloset. Mau pakai, buka dulu tutupnya. Plorotkan celanamu, terus duduk. Awas jangan jongkok. Bisa pecah. Kalau pecah, barangmu juga bisa ikut pecah. Beri petunjuk anak buahmu."
"Siap komandan, petunjuk dilaksanakan."

Alhamdullilah, tidak ada laporan bahwa ada kloset yang pecah.

Pagi harinya pihak Caltex menyiapkan makan pagi berupa nasi goreng, roti tawar dan lempengan2 daging hamburger. Saya perhatikan ada seorang bintara muda termenung. Saya dekati,
"Kamu sakit?"
"Tidak komandan"
"Lalu kenapa termenung ?"
"Ingat istri di rumah, Komandan. Saya di sini makan daging segede gitu sendirian."

Walaupun saya masih bujangan, saya merasa apa yang dirasakan oleh bintara itu. Suami yang baik dia! Sayapun langsung menuju tempat duduk saya di dekat camp manager Duri. Angggota melihat bahwa saya nampak bincang2 santai dengan camp manager.

Ketika mau pulang, anggota telah siap di atas`truck. Waktu saya mau masuk ke jeep, mereka ber teriak2,
"Terima kasih komandan ......" sambil tangan mereka melambaikan kantong plastik yang isinya 5 lempeng daging hamburger.

Hari itu 3 mission selesai: Pemogokan teratasi. Tidak ada kloset yang pecah dan…, istri2 mereka dapat oleh2.

Jacky M
Untuk Serba Jadul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar