Lokasi Pengoenjoeng Blog

Jumat, 24 April 2009

Pepatah Jawa..., KESRIMPET BEBED KESANDHUNG GELUNG

Pepatah Jawa ini secara harafiah berarti terjerat bebed (kain jarit) tersandung gelung alias kepincut WIL (wanita idaman lain).

Bebed dan gelung dalam masyarakat Jawa adalah identik dengan wanita itu sendiri. Jadi, yang dikatakan sebagai kesrimpet bebed kesandung gelung adalah peristiwa terjeratnya seorang pria (biasanya yang telah berkeluarga) pada wanita lain.

Dalam peristiwa semacam itu si pria bisa tidak berkutik sama sekali (karena telah terjerat dan tersandung) oleh WIL itu sehingga kehidupannya menjadi kacau dan serba tunduk pada wanita tersebut. Apa pun yang dimaui si WIL akan dituruti oleh pria yang terlanjur kesrimpet tersebut.

Pepatah ini ingin mengajarkan agar kita semua tidak mudah terjerat oleh hal-hal yang nampaknya memang indah dan nikmat, namun di balik itu ada ancaman terhadap ketenteraman, keselamatan, dan kenyamanan hidup kita sendiri.

Gitu deh…
(Namun jaman sekarang sudah jarang sekali wanita berkain jarit dan berambut gelung. Kalaupun ada, tentunya wanita itu…., nenek2. He he he…)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar